0

PART 1

Posted by ryantie.octaviani08 on 26 January 2011 in tugas akhir IMK |

Kelanjutan dari posting sebelumnya, masih membahas mengenai web usability dari pernikbaliku.com. Saya akan mengulas website tsb berdasarkan 10 tahap heuristic antarmuka yang dikemukakan oleh Jakob Nielsen. User atau pengguna web tersebut terbagi menjadi tiga kategori, yaitu seseorang yang hanya ingin melihat-lihat produk yang ada di web tersebut, seseorang yang melihat-lihat lalu berencana untuk membeli, dan user yang ingin melakukan transaksi (sudah pernah melihat-lihat dan kembali mengunjungi web tersebut kembali untuk membeli). Berikut adalah ulasnnya:

1. Visibility of system status >> Pada halaman awal, desain terlihat sangat simple dan sederhana. Peletakkan tombol- tombol atau pun tulisan serta navigasi- navigasi yang ada sudah sesuai dan tidak membingungkan user. Dari sisi learnability-nya, web tersebut memberikan kemudahan bagi ketiga katagori user yang telah saya sebutkan di atas. Task-tasknya jelas, begitu juga dengan alurnya. Ketika saya memilih salah satu dari menu bar tersebut maka kita akan tahu sedang berada diposisi yang mana dengan diberi pembeda pada menu bar yang kita pilih tersebut. Misal kita memilih home maka tampilannya:

Dalam web ini telah dijelaskan tatacara penggunaan dalam mengakses web tersebut baik untuk membeli ataupun hanya sekedar melihat- lihat.

Disebelah kiri terdapat tombol search, ada dua jenis search yaitu advanced search (pencarian barang  apabila user sudah mengetahui jenis barang) dan search berdasarkan kategori

Website ini memiliki keunikan yaitu tersedia icon untuk membesar kecilkan huruf/ tulisan (gambar 1). Dengan kita mengklikkan salah satu icon tersebut maka tulisan akan berubah sesuai yang kita inginkan. Selain itu, web ini juga terdapat history status sehingga user bisa mengetahui status dari web tersebut (gambar 2).

(gambar 1)
(gambar 2)

Website ini menyediakan sarana chat yang  terdapat pada menu hub kami, disitu juga tertera inormasi lengkap alamat, email, bahkan no telpon penjual yang bisa dihubungi jika kita berminat atau ada suatu hal yang ingin ditanyakan.

2. Match between system and the real world >>

Bahasa yang digunakan secara umum adalah bahasa indonesia. Dalam penggunaan bahasa, web ini tidak konsisten karena ada beberapa kata atau kalimat yang menggunakan bahasa inggris yang semestinya kata atau kalimat tersebut dapat menggunakan bahasa indonesia dan tidak merubah arti yang dimaksud. Beberapa tampilan yang tidak konsisten:

Sebaiknya penggunaan bahasa lebih dikonsistensikan kembali yaitu hanya menggunakan satu bahasa. Jika ingin menggunakan bahasa inggris pada menu bar seharusnya dikondisikan agar semua nama dimenu bar menggunakan bahasa inggris dan gunakan bahasa inggris yang sudah dikenal oleh user (banyak orang).

to be continue…. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2010-2015 ryantie.octaviani08's blog All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.4, from BuyNowShop.com.